Riau Raya

Kandidat Pilgubri Rame-rame Ingin Jadi 'Jelmaan' Jokowi

PEKANBARU - Jokowi telah berhasil menjadi trend center di seluruh Indonesia, bahkan mancanegara. Mulai dari orang tua hingga anak-anak kenal dengan sosok Jokowi, apalagi khas baju kotak-kotaknya. Atas keberhasilannya meraih kemenangan pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta beberapa waktu lalu, tak sedikit calon gubernur atau calon wakil gubernur yang ingin jadi 'jelmaan' Jokowi.

Perhelatan Pulgubri Riau yang mulai memanas, juga masih menjadikan sosok Jokowi sebagai percontohan. Balon Gubri jagoan PAN-PKS Jon Erizal misalnya. Dia tidak mempunyai hak pilih dalam Pilgubri nanti. Pasalnya dia tidak memiliki KTP Riau.

Oleh karena itu, dia ingin menyamakan diri dengan posisi Jokowi. Letika Pilgub DKI Jakarta, Jokowi juga tidak memiliki hak pilih karena pakai KTP Solo. Sedangkan Jon Erizal, hanya punya KTP Jakarta Selatan.

"Itu tak masalah, itu isu lama. Jokowi juga begitu dulu," katanya dilansir goriau.com.

Sementara calon wakil gubernur Riau, yang diusung Partai Demokrat, Masrul Kasmy menyebut dirinya mirip Jokowi dalam hal pembagian tugas. Dia mengaku memilih waktu besosialisasi di Riau bagian pesisir, di hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Sedangkan selebihnya melaksanakan tugas pemerintahan sebnagai wakil bupati Kepulauan Meranti.

"Sama dengan Jokowi, di samping sosialisasi, Solo tetap diurusnya. Jadi, begitulah kita membagi waktu. Yang jelas tugas tidak boleh ditinggalkan," ujarnya.

Selain dua orang ini, mungkin yang lain menjadikan Jokowi sebagai kiblat kemenangan Pilgubri. Apalagi, kemenangan Jokowi di atas perkiraan ketidak mungkinan sejumlah pengamat. Begitupun di Riau, ramai-ramai menyebut diri akan menjadi Jokowi baru. Padahal masyaralat pemilih Jakarta dengan Riau belum tentu punya sudut pandang sama.

Jokowi menjadi trend sample di Pilgub Riau, sudah dimulai dari pendaftaran Herman Abdullah, tanggal 23 Mei lalu. Pada pendaftaran itu, sejumlah massanya yang hadir ikut mengatakan Herman Abdullah adalah Jokowinya Riau. Bahkan, dalam penyusunan kemenangan Herman Abdullah-Agus Widayat dikabarkan mendatangkan tim pemenangan Jokowi-Ahok.

Untuk hari berikutnya, siapa lagi yang akan menyebut dirinya jelmaan Jokowi untuk Riau? Kita tunggu saja. Yang jelas, kemenangan Jokowi-Ahok telah menginspirasi banyak politisi.(rep2)